Kamis, 27 November 2014

Berkenalan dengan Delphi XE5 dan Android

Penulis kira kita semua sudah tahu bahwa saat ini Delphi tidak lagi dikelola oleh Borland tapi diambil alih dari dulunya CodeGear dan sekarang oleh Embarcadero. Saat postingan ini ditulis, versi terakhir yang dikeluarkan oleh Embarcadero adalah XE7 dengan penambahan fitur-fitur seperti support untuk membuat aplikasi berbasis Android dengan bahasa Delphi dan C++.

Namun saat ini aplikasi berbasis android sudah banyak dikembangkan oleh para developer. Sebut saja aplikasi chatting seperti line, kakaotalk, wechat bahkan blackbery messengger. Saat ini telah support untuk android. Android sendiri merupakan hasil modifikasi dari kernel linux yang dikembangkan oleh pihak google.inc. Karena masih bersifat open source, jadi kita dapat dengan bebas menggunakan dan memodifikasinya. itulah salah satu kelebihan open source dibanding yang tidak open source.

Biasanya aplikasi berbasis android banyak dikembangkan dengan teknologi Java namun seperti yang telah penulis jelaskan saat ini kita juga bisa mendevelop aplikasi android dengan Delphi maupun C++ melalui framework firemonkey-nya. Oleh karenanya penulis sangat menyarankan agar pembaca segera migrasi ke Delphi XE5 yang lebih baru alasannya tentu agar tidak ketinggalan. tapi sebenarnya tidak masalah jika pembaca ingin tetap menggunakan delphi lama.

Lepas dari semua itu, Penulis sendiri sudah mulai migrasi ke Delphi XE5 karena tidak ingin ketinggalan kereta. Ini merupakan tuntutan jika pembaca berprofesi sebagai seorang Programmer.

Aplikasi android pertama dengan Delphi XE5, langkahnya seperti ini :

Langkah 1 :
Buka Delphi XE5 anda, lebih bagus jika anda menggunakan Delphi XE6

Langkah 2 :
Klik Menu File->New->Firemonkey Mobile Application - Delphi

Langkah 3 :
Pilih template yang diinginkan, gunakan pada gambar diatas. Penulis menggunakan 3D Application->OK. Adapun tampilan yang penulis peroleh adalah seperti gambar berikut ini :
Jika tampilan seperti gambar diatas muncul maka kita sudah bisa menambahkan komponen-komponen yang kita perlukan ke dalam form firemonkey tersebut.

Agar dapat dijalankan di mesin Android anda perlu menjadikannya file *.apk terlebih dahulu untuk itu pembaca harus melakukan Build Terlebih dahulu (SHIFT+F9) atau Run (F9) kemudian Deploy (ada di menu Project). Hasilnya dapat pembaca lihat di folder projek pembaca di folder_projek\Android\Debug\Project1\bin yang seperti gambar berikut ini :

Langkah 4 :
Selamat mencoba :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright@2014. Bagus Cakepz. All Right Reserved. Powered by QMPC Tutorial