Selasa, 25 November 2014

Membuat Laporan Dengan QuickReport di Delphi 2010

Fungsi sebuah laporan tentu sudah pembaca pahami bukan?
Pada Postingan ini. Penulis ingin sedikit share bagaimana membuat laporan dengan memanfaatkan komponen QuickReport dari Delphi 2010. Caranya bagaimana? Ikuti saja langkah di bawah ini :

Langkah 1 :
Pastikan pembaca sudah memahami bagaimana koneksi database firebird ke delphi 2010 jika belum pembaca bisa membacanya dibuku saya yang berjudul "Delphi dan Firebird Membuat Aplikasi Minimarket Client-Server: Support Barcode Scanner". Sepenting apa sih koneksi itu? ya penting, karena report alias laporan akan mengambil data dari database. Jika pembaca belum faham bagaimana koneksi database dan CRUD (Create Read Insert Update dan Delete) data maka kita tidak bisa mengkonversi sebuah data dari database ke sebuah raporan. Jadi silahkan baca buku saya terlebih dulu.

Langkah 2 :
Silahkan tambahkan komponent QuickReport, file QuickRepost dan cara installnya sudah disertakan di buku saya, untuk baca klik disini. Selesai menambahkan komponen silahkan lihat komponen yang sudah pembaca tambahkan pada pallete terakhir.
Langkah 3 :
Buat Project Baru dengan cara klik File -> new -> vcl forms application - Delphi kemudian tambahkan komponen TQuickRep, maka akan terlihat seperti berikut ini :
Langkah 4 :
Double klik pada report tersebut lalu atur sesuai kebutuhan -> apply -> Ok
Langkah 5 :
Tambahkan 1 buah TIBQuery/TIBTable (atur koneksinya). Selanjutnya masuk ke pallete QReport > tambahkan beberapa komponen QRLabel > Atur Property-nya

Langkah 6 :
Tambahkan beberapa komponen QRDBText > Atur Property-nya. Yang perlu diganti dalam mengatur property dari QRDBText adalah :

Dataset dan DataFiled pada Object Inspector.

Contoh desain penulis seperti ini :
Langkah 7 :
Langkah selanjutnya untuk memanggil laporan yang sudah kita buat dengan button, Tambahkan source code berikut ini 
QuickRep1.Preview;
Hasil saya Seperti ini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright@2014. Bagus Cakepz. All Right Reserved. Powered by QMPC Tutorial