Jumat, 21 November 2014

Server Database Firebird

Di dalam pembangunan perangkat lunak yang berbasis client – server biasanya programmer tidak langsung membangun aplikasinya di dalam jaringan yang nyata, ia bereksperimen dengan menggunakan Komputer tunggal. Untuk itulah dibutuhkan sebuah aplikasi untuk memudahkan para programmer seperti RDBMS (Relation Database Management System). Banyak sekarang bermunculan RDBMS yang bisa dibangun di dalam system client-server. Semisalkan Orecle, MySQL, SQL Server, Postgree, Firebird dan masih banyak yang lainnya.

Didalam buku saya yang berjudul Delphi & Firebird membuat Aplikasi Mini market Client-Server memberikan contoh menggunakan Firebird. Alasan penulis menggunakan Firebird adalah karena Firebird adalah aplikasi RDBMS gratis dan power full, dan memiliki file size installasi yg tidak besar, cuman 5 MB, bandingkan saja dengan SQL Server, sampai 3,5 GB tetapi Firebird tidak kalah dengan RDBMS lainnya, walaupun file sizenya tidak terlalu besar.

Dan didalam memudahkan pembaca di dalam pengolahan basis data pada Firebird ini, penulis juga menyertakan sebuah aplikasi yang bernama IBExpert. Di sini penulis berikan IBExpert dengan versi Personal Edition, dan kabar gembiranya versi ini adalah versi gratis alias freeware.
Pertama-tama penulis akan mengajarkan penginstallan Firebird dan kemudian installasi IBExpert kemudian pemakaian IBExpert untuk membuat database, table dan field.
Pembaca diharapkan untuk seksama membacanya, khususnya di dalam penggunaan IBExpert, dikarenakan dibab selanjutnya penulis tidak akan mengulangi lagi caranya. (hemat kertas hehehe)

Next ke Cara Install Firebird



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright@2014. Bagus Cakepz. All Right Reserved. Powered by QMPC Tutorial