Selasa, 02 Desember 2014

Cara Menulis dan Membaca String Pada Registry dengan Delphi 2010

Seperti judul di atas tutorial kali ini akan membahas mengenai cara menggunakan registry pada delphi 2010. Disini dibahas cara menuliskan string dan membacanya yang tersimpan pada registry. Ok, sebelum lanjut mungkin ada baiknya kita tau apa itu registry. Registry merupakan databasenya Sistem Operasi, dalam hal ini windows. Singkatnya, registry adalah vault untuk menyimpan informasi yang di tulis oleh Sistem Operasi. Biasanya berisi konfigurasi mengenai sebuah software. Semisal expired date pada trial software, seperti yang pernah penulis postingkan sebelumnya, untuk postingannya klik disini.

Nah kali ini , penulis akan membahas mengenai cara menyimpan string pada registry. Untuk apa kita belajar registry? Apa manfaatnya? Pertanyaan yang bagus (yang nanya itu kan saya sendiri :D). Bayangkan ketika kita membuat suatu program , lalu kita merubah konfigurasi program tersebut misalnya jenis font yang semula Comic ingin kita ubah menjadi Times new Roman pada saat run time, konfigurasi tersebut akan hilang bila program di terminate. Lalu bagaimana caranya supaya konfigurasi tersebut tidak hilang? Pertanyaan yang bagus (yang nanya saya lagi kan :D") , Itulah gunanya kita belajar registry :D

Flowchat kurang lebih seperti ini, kita akan membuat program yang berfungsi untuk menuliskan string pada registry, lalu nanti string tersebut dibaca kemudian di terapkan pada komponen label. Untuk jelasnya seperti berikut ini :

Langkah 1 :
Buka Delphi 2010 dan buat project baru kemudian pada Form tambahkan 2 komponen button , lalu 1 komponen label dan 1 komponen edit. Untuk jelasnya cek gambar berikut ini :

Langkah 2 :
Tambahkan registry pada klausa uses. Kita akan membuat 1 buah prosedure untuk menulis registry dan 1 buah function untuk membaca registry.

Langkah 3 :
Double klik button tulis lalu ketikan source code berikut :
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
var
reg:tregistry;
begin
    reg :=tregistry.Create;
    reg.RootKey:=HKEY_LOCAL_MACHINE;
    reg.OpenKey('SOFTWARE\Bagus Soft\Contoh',true);
    reg.WriteString('Bagus Soft',edit1.Text);
    ShowMessage('Setting koneksi tersimpan ');
    close;
end; 

Langkah 4 :
Lalu double klik button baca dan ketikan source code berikut :
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
reg:tregistry;
begin
reg:=tregistry.Create;
reg.RootKey:=HKEY_LOCAL_MACHINE;
reg.OpenKey('SOFTWARE\BagusSoft\Contoh',true);
Label1.Caption:=reg.ReadString('Bagus Soft');
reg.free;
end;  

Langkah 5 :
Jalankan program dengan tekan F9, lalu ketikan sesuatu pada edit1. Setalah itu tekan button tulis. Selanjutnya tekan button baca. kemudian label1.caption akan sesuai dengan apa yang anda tulis. Sekarang kita coba keluar dari program lalu jalankan lagi. Sekarang, coba tekan langsung button baca dan label1.caption berubah, akan sesuai dengan apa yang anda tulis sebelum program di terminate.

Langkah 6 :
Hasilnya akan seperti berikut ini :

NB :
Jika diwindows 7 & 8 harus di run as administrator.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright@2014. Bagus Cakepz. All Right Reserved. Powered by QMPC Tutorial