Kamis, 04 Desember 2014

Lingkungan Kerja Delphi XE5

Membangun sebuah aplikasi menggunakan Delphi berarti bekerja dengan satu lingkungan terpadu yang di namakan Delphi IDE (Integrated development environment), IDE ini meliputi beberapa form yang berguna dalam mendukung aktivitas pemograman yang kita lakukan. Ketika pertama kali kita menjalankan program Delphi, maka kita akan memperoleh tampilan seperti berikut ini :

Untuk yang terbiasa menggunakan Delphi versi yang lama dan kurang nyaman dengan tampilan versi baru, pembaca juga bisa mengubah tampilan layout klasik untuk mengkonversi layout baru ke layout yang lama (Delphi 5,6,7).

Form Menu
Form ini adalah utama dari IDE Delphi XE5. Berfungsi melalui menu-menunya untuk mengakses seluruh utilitas yang di sediakan Delphi baik yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi, pengaturan file, konfigurasi file IDE, konfigurasi compiler dan banyak settingan yang lainnya.

Form Designer
Form ini juga merupakan salah satu form utama IDE Delphi XE5, khususnya untuk pemogramman aplikasi berbasis windows. Fungsi utamanya adalah menjadi object parent bagi komponen-komponen Delphi lainnya pada saat mendesain form, akan terdapat garis titik-titik yang disebut Grid. Grid sangat berguna untuk membantu pengaturan tata letak object yang digambarkan kedalam form.

Tool Pallette
Bekerja dengan Delphi berarti bekerja pula dengan menggunakan peralatan yang telah disediakan oleh Delphi XE5. Peralatan-peralatan tersebut selanjutnya kita sebut dengan komponen, Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen pada VCL (Visual Component Library). VCL adalah merupakan pustaka komponen yang dapat membangun sebuah aplikasi. Pada Component Palette, terdapat beberapa tab, yaitu Standard, Additionals, Data Access, Data Controls dan lain sebagainya.

Object Inpector 
Form Object Inpector terdiri dari dua bagian.Bagian pertama adalah Propertis, berguna untuk mengatur property komponen yang sedang aktif. Dan bagian ke dua adalah Events yang berfungsi sebagai trigger/pemicu komponen bersangkutan untuk menjalankan perintah tertentu.


Structure 
Structure adalah media navigasi bagi programmer untuk berpindah-pindah dari satu komponen ke komponen yang lainnya. Ini sangat membantu dalam mencari satu komponen yang letaknya tersembunyi di balik komponen lainnya.

Unit Editor
Unit Editor adalah modul kode program. Unit dapat berisi kumpulan function atau prosedure yang dipakai project. Function dan procedure adalah salah satu lebih baris program yang dipakai untuk melakukan tugas tertentu. Manfaat penggunaan unit dalam program aplikasi antara lain sbb:
1. Membagi program aplikasi yang besar dalam beberapa unit, sehingga kita dapat mengedit unit-unit tertentu.
2. Membuat library (daftar pustaka).

Project Manager
Project Manager ini adalah media navigasi bagi programmer untuk berpindah-pindah dari satu unit ke unit lainnya, atau bahkan ketika berpindah dari satu project ke project lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright@2014. Bagus Cakepz. All Right Reserved. Powered by QMPC Tutorial